Pernah mengalami semacam "banned" dari google? Khususnya blogspot? Berulangkali dicoba buka blog dengan alamat apa saja tetap tidak bisa, dan komentar yang muncul berupa tulisan "Google Error, We're sorry... bla bla bla" dan dibilang bahkan komputer kita sedang kena virus gitu... Jangan panik dulu, tenangkan diri sebentar!

Masalah ini kelihatannya sangat rumit sampai-sampai kita disuruh download anti virus maupun spyware remover.

Padahal ketika kita ketemu dengan titik permasalahannya akan sangat mudah sekali rasanya mengatasi hal semacam ini. Baca komentar yang ada dengan seksama dan perhatikan baik-baik. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini:

 

Di baris ke empat dari komentar sang Google, ada kata-kata "Google Web Search Help Center". Nah, dari sini kita bisa mengerti lebih lanjut akar permasalahan yang sedang melanda kenyamanan browsing kita. Apakah masalah utama itu? IP Address!

IP Address yang kita pakai dicurigai sang Google sebagai virus maupun spyware. Hal ini seringkali terjadi jika kita menggunakan IP publik yang diberikan oleh operator selluler jika kita menggunakan koneksi gprs. Untuk IP yang dipake oleh koneksi seperti SPEEDY dan lainnya, saya kurang tau.

Pasalnya, ketika kita terkoneksi ke jaringan lewat koneksi gprs, operator gsm akan memberikan kita sebuah IP yang dishare oleh ramai penggunanya (user). Setiap kita terkoneksi, IP tersebut berubah-rubah sehingga kadang-kadang ketika kita ingin mendownload di Rapidshare misalnya akan ada komentar yang mengatakan bahwa "IP Address sedang digunakan dalam proses download, mohon bersabar sampai proses selesai". Nah, dapat bayangan gak?

Baiklah, untuk mengatasi masalah di blogspot tadi, kita tinggal diskonek saja lalu coba konek lagi. IP Address akan diganti dengan yang baru, dan coba lah buka kembali blog apa saja di blogspot. Apa yang terjadi? Blognya terbuka mulus! Ya, begitulah. Untuk rapidshare juga sama caranya, tinggal diskonek dan konek ulang.

Selamat mencoba!

0 komentar

Posting Komentar