Ini kebiasaan saya saja, saya senang jika berkunjung ke sebuah blog atau situs dengan tampilan yang cantik sekaligus informatif. Mungkin saya terlalu menilai dari segi estetika duluan sebelum membaca isinya. Gak tau juga kenapa, yang jelas enak aja bacanya.

Aspek "cantik" ini adalah pemikat yang tidak jauh beda dari kehidupan di dunia nyata, yang ternyata bisa juga diterapkan di dunia maya. Enak baca tulisan yang komposisinya disesuaikan dengan template websitenya. Isi artikel yang tidak terlalu panjang dan mudah dimengerti. Kalaupun panjang, jika isinya menarik dan memang berisi informasi yang sedang dicari biasanya saya tahan berlama-lama bacanya.

Situs blog dengan loading yang cepat juga merupakan faktor pendukung untuk selalu dikunjungi (revisit) dan dibaca. Kadang-kadang saya tidak terlalu suka dengan bermacam-macam widget yang dipasang di sebuah blog yang tidak disesuaikan dengan komposisi webnya baik melihat tulisan maupun theme / template dari situs blog itu sendiri. Apalagi kalo widgetnya kebanyakan dan susunannya tidak teratur/tersusun rapi... wuuuhhh pusing deh ngeliatnya.

Blog dengan tampilan sedikit widget atau tidak sama sekali juga kadang-kadang tidak terlalu menarik bagi saya (gak tau bagi rekan-rekan online). Bukan berarti saya plin plan dengan mengatakan banyak widget gak bagus, sedikit/tidak ada widget juga gak bagus, jadi mana yang benar?

Perlu saya tegaskan, sebuah blog yang bagus dan betah saya mengunjunginya adalah blog dengan komposisi yang seimbang antara isi / postingan dan widget serta penataan halaman atau template sebuah blog itu.

Coba kita bayangkan sebuah rumah yang rapi, walau sederhana tapi isinya tertata dengan baik, halamannya bersih (tidak berserakan sampah di sana sini), ruangannya bersih... Bagaimana menurut rekan-rekan? Enak gak memasuki rumah tersebut? Enak gak mengunjunginya? Insya Allah bisa betah kan? Apalagi jika yang punya rumah cantik ato ganteng, atu macho... ehhh... kok sampe ke situ...

Intinya adalah pengaturan dari segi isi dan tema sebuah blog yang dibuat, lalu melihat template dan widget yang digunakan. Jangan kebanyakan widget, jangan pula tidak ada widget sama sekali. Pengaturan widget yang bagus peletakannya akan menjadikan sebuah blog tampak tersusun rapi dan indah untuk dikunjungi serta mudah dibaca dan dimengerti.

Semoga bermanfaat!

0 komentar

Posting Komentar