Pernahkah anda terpikir tentang file-file .doc yang anda miliki di hardisk anda? Seberapa besarkah kapasitas file tersebut? Ada yang besar dan ada yang kecil tentunya, bahkan untuk beberapa file .doc yang berisi tulisan dan gambar bisa mencapai Megabyte-an.

Apakah anda sering menyimpan file-file yang anda browse (buka) di internet? Bagaimanakah anda menyimpannya? Apakah dalam bentuk .html lengkap (full html), atau hanya .html saja (tanpa gambar)? Atau mungkin bahkan dalam bentu “single file” (.mht)? Semua itu tergantung kebiasaan masing-masing. Tapi, jika kapasitas harddisk anda terbatas kan bisa repot jadinya. Jangan khawatir dulu, ikuti tips dari saya ini.

Jika kebiasaan anda dalam penelusuran dan browsing artikel serta informasi yang tersedia online lalu menyimpannya ke harddisk, mari kita cari cara memperkecil kapasitas file sekecil mungkin. Untuk file-file atau artikel yang lebih banyak menampilkan gambar untuk tidak repot menyimpannya, cobalah simpan menggunakan format .mht (single file). Kapasitas mungkin agak besar, tapi kenyamanan dalam penyimpanan akan beda dengan menyimpannya dalam format .html full.

Jika artikel yang ingin anda simpan lebih banyak berisi tulisan (sedikit gambar saja atau gambar tersebut kurang penting dan tidak banyak pengaruhnya jika tidak kita simpan), maka simpanlah ke dalam file .doc dengan cara: Klik kanan pada folder tempat kita akan menyimpan file tersebut pilih New – Microsoft Word Document. Sesuaikan nama file dengan isi artikel yang akan kita paste kedalam file .doc ini. Namun, jika ingin menghemat lebih banyak kapasitas (space) harddisk kita, cobalah menyimpannya dalam format .txt dengan cara “copy paste” juga. Sebelumnya, buatlah file tersebut pada folder dimana kita akan menyimpannya dengan cara: Klik kanan – New – Text document. Beri nama file sesuai dengan isi dari file (artikel) yang akan kita simpan. Paste lah text yang telah kita copy sebelumnya, tutup dan tekan tombol “save”.

Dengan cara menyimpan file dalam bentuk .txt, akan banyak kapasitas dari harddisk yang kita hemat. Tapi, bagaimana kenyamanan dalam membaca file tersebut? Untuk membacanya, bukalah file .txt ini menggunakan Microsoft Word, termasuk jika ingin mengeditnya. Edit dan simpan tetap menggunakan ekstensi .txt karena jika disimpan ke dalam bentuk file .doc file tersebut akan menjadi lebih besar kapasitasnya. Jika mata kita tidak terbiasa dengan tulisan kecil (font 10) gunakanlah fasilitas zoom yang ada pada Microsoft Word, misalnya zoom saja menjadi 150%.

Menyimpan file dalam format .txt ini selain menghemat kapasitas harddisk kita lebih banyak daripada bentuk atau format file lainnya (.html, .htm, .mht, .doc), juga memperingan kerja CPU kita yang ditandai dengan ringannya file tersebut saat diedit dan disimpan ulang bahkan jika file tersebut berada pada removable disk seperti Flash Disk. Oya, jangan lupa, kelompokkan lah (sortir bahasa kerennya) file-file yang ada pada harddisk anda agar mudah mengingat dan mencari serta menemukannya ketiak jumlahnya sudah sekian banyaknya (sangat banyak). Jika tidak ingin repot menggunakan klik kanan – open with pada file .txt untuk dibuka menggunakan Microsoft Word, settinglah agar file .txt dibuka secara default menggunakan Microsoft Word (this is not recommended – tidak disarankan).

Akhir kata, selamat menyimpan file-file favorit anda dari internet dan selamat mencoba!

0 komentar

Posting Komentar